Minggu, 19 Mei 2013

Solusi Pencemaran Udara

            Solusi pencemaran udara. Seperti yang kita tahu pencemaran udara semakin terasa dampaknya akhir-akhir ini, entah itu dari pencemaran asap-asap pabrik, gas buang kendaraan bermotor, dan lain sebagainya. Pencemaran udara sangat terasa di kota-kota besar seperti Jakarta yang lalulintasnya kian tak terkendali. Lalu apa reaksi kita dalam menyikapi soal pencemaran udara?
Seperti yang dihimpun, ini dia beberapa solusi pencemaran udara :

1. Gunakan masker.
            Penggunaan masker memang tidak bisa meredam pencemaran udara yang terjadi disekeliling kita, terlebih hal-hal yang menyebabkan polusi sangatlah banyak. Alasan kita menggunakan masker adalah untuk melindungi tubuh kita dari gas-gas beracun yang ada di udara yang tercemar. Walaupun masker tidak bisa meredam polusi, tapi setidaknya masker bisa menyaring udara yang kita hirup.

2. Tanamlah pohon
            Menanam tumbuhan adalah solusi jangka panjang yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan negeri ini dari polusi. Kenapa kami sebut jangka panjang? itu karena dalam menenam pohon kita tidak bisa merasakan dampaknya secara instan, tapi kita bisa merasakan dampaknya beberapa tahun setelahnya setelah pohon itu tumbuh membesar. Peraturan pemerintah yang mendukung ini antara lain : gerakan menanam 1 milyar pohon dan kota besar minimum 30% lahannya untuk hutan kota. Dampak ini juga akan dirasakan anak cucu kita kelak. Selain mendapatkan udara yang bersih, kita juga dapat merasakan sejuknya udara karena rindangnya pohon.

3. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor
            Kendaraan bermotor juga merupakan penyebab polusi udara, jika anda bepergian tidak jauh dari rumah ada baiknya anda naik sepeda atau berjalan kaki. Selain mengurangi pencemaran udara tubuh anda juga sehat kan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar